Sahabat Cipta Foundation

Bazar Rakyat Berdaya: Kembangkan Potensi Usaha Masyarakat

(12 November 2016, Duri, Indonesia) - Sahabat Cipta (SC) dan Kelompok Pertanian Terpadu Masyarakat Sakai Pematang Pudu (KPTMSPP) menggelar acara "Bazar Rakyat Berdaya" pada Sabtu, 12 November 2016, di lapangan KPTMSPP, kelurahan Pematang Pudu, kecamatan Mandau, kabupaten Bengkalis, Riau.

Acara Bazar Rakyat Berdaya ini diadakan sebagai bagian dari pelaksanaan program PRISMA—sebuah program peningkatan kesejahteraan masyarakat kerjasama antara PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) dan Sahabat Cipta (SC) yang menyasar para petani, pelaku usaha mikro, serta kelompok-kelompok swadaya masyarakat yang tersebar di wilayah operasi PT. CPI.

Acara bazar ini terbuka untuk masyarakat umum dan menampilkan produk-produk siap jual dari kelompok-kelompok masyarakat binaan program PRISMA di Riau yang meliputi berbagai sektor seperti perikanan, pertanian, kerajinan, UKM, dan lingkungan hidup dan pengelolaan sampah domestik.  

Turut hadir dalam bazar ini adalah Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, Syarifuddin yang mewakili Gubernur Riau, Vice President Operations SMO PT. CPI, Nurhasan, Camat Mandau, Djoko Edy Imhar, Danramil 04 Mandau, Kapten Inf Y Mendrofa, Ketua Ikhrohil Mandau beserta wakilnya, serta ibu-ibu PKK Kecamatan Mandau.

Dalam kesempatan sambutannya, Vice President Operations SMO PT. CPI, Nurhasan menyambut perkembangan usaha para kelompok usaha masyarakat di bawah yang mendapat fasilitasi dan pendampingan melalui program PRISMA. “Kita mengharapkan kelompok usaha binaan ini dapat berkembang dan mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi di wilayah,” jelasnya menambahkan.

Melalui acara bazar ini, para kelompok usaha binaan mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan produk-produk usahanya kepada pengunjung. Dalam beberapa jam saja, banyak kelompok usaha binaan yang produk-produk-nya diborong habis oleh pengunjung.

Selain menjadi ajang promosi produk usaha kelompok binaan, kegiatan ini juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan program PRISMA yang telah dimulai sejak Februari 2015 kepada para pengunjung yang datang dari kalangan masyarakat umum, perwakilan pemerintah, dan karyawan PT. CPI. Kehadiran pemangku kepentingan, khususnya perwakilan pemerintah menjadi sangat penting karena komitmen mereka merupakan faktor penentu keberhasilan sebagaimana ditekankan oleh Direktur Eksekutif SC, Waty Suhadi. “Keterlibatan dan komitmen pemangku kepentingan memegang peranan kunci dalam kesuksesan program PRISMA,” tegasnya.

Sejak diluncurkan pada Februari 2015 hingga 1 September 2016, program PRISMA yang berlokasi di Riau, Kalimantan Timur, dan Jawa Barat telah berhasil menjangkau 1013 petani/pelaku usaha mikro secara langsung dari 38 kelompok yang tergabung dalam 19 kelompok penyedia layanan (Intermediate Service Provider atau ISP). Dari seluruh penerima manfaat program PRISMA, tercatat 50% kelompok menunjukkan adanya peningkatan kinerja usaha.

Get Involved with Us

Contact Us

Sahabat Cipta Foundation

Jl. Mampang Prapatan XIV No. 47

Jakarta 12790, Indonesia

Tel. +62 21 7919 8690

Fax. +62 21 7919 8691

info@sahabatcipta.or.id 

You are here: Home News Recent News Bazar Rakyat Berdaya: Kembangkan Potensi Usaha Masyarakat